Pelatihan Petugas KSA (Kerangka Sampel Area) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda, mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) di sini 

Pelayanan rekomendasi statistik secara online bisa diakses melalui romantik.web.bps.go.id

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Banjarnegara, Jl. Selamanik No. 33 Banjarnegara pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB

Pelatihan Petugas KSA (Kerangka Sampel Area)

Pelatihan Petugas KSA (Kerangka Sampel Area)

16 November 2021 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Pelatihan petugas KSA yang dilaksanakan secara daring mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Diikuti oleh 20 Petugas KSA padi, 9 Petugas KSA Jagung dengan Instruktur Daerah (INDA), Enjang Bayu Martaringga, A.Md. Pelatihan dibuka oleh Kepala BPS Kab. Banjarnegara, Ratna Setyowati, S.Si, MT, MA.

Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 16-17 November 2021. Di hari pertama dijelaskan mengenai latar belakang, organisasi kegiatan, jadwal pelaksanaan, tata cara penggunaan aplikasi CAPI Survei Ubinan Padi serta tata cara penggunaan aplikasi KSA Pro. Untuk hari kedua akan dijelaskan mengenai tata cara lapangan ubinan padi dan palawija, evaluasi KSA Jagung, konsep dan definisi, serta tata cara pelaksanaan lapangan KSA Jagung.

Salah satu program kerja pemerintah adalah mewujudkan kedaulatan pangan yang sejalan dengan tujuan ke-2 SDGs. Akurasi data produksi padi masih lemah, ketidakakuratan data produksi padi diduga sejak 1997 penyebabnya adalah data luas panen padi ditengarai Overestimate. Perlunya perbaikan metodologi perhitungan data produksi padi dengan menggunakan pengukuran yang objektif, teknologi terkini, metodologi yang transparan, dan up to date yaitu menggunakan Kerangka Sampel Area (KSA).

Kerangka sampel area (KSA) adalah salah satu pendekatan statistik spasial dimana metode ini bukan merupakan pendekatan pemetaan melainkan pendekatan dengan kaidah-kaidah statistik.
Dengan adanya kegiatan KSA diharapkan pengumpulan data pertanian menjadi lebih obyektif dan modern dengan melibatkan teknologi, sehingga data pertanian menjadi lebih akurat dan tepat waktu.
Terima kasih
#bpsbanjarnegara
#bpsprovjateng
#bpsRI
#KSA
#pelatihanKSA
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara (Statistics of Banjarnegara Regency)Jl. Selamanik 33 Banjarnegara 53415 Provinsi Jawa Tengah

Telp (62-286) 591893

Faks (62-286) 592816

Mailbox : bps3304@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik