Sosialisasi Dan Pembinaan Metadata Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten BAnjarnegara - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda, mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) di sini 

Pelayanan rekomendasi statistik secara online bisa diakses melalui romantik.web.bps.go.id

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Banjarnegara, Jl. Selamanik No. 33 Banjarnegara pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB

Sosialisasi Dan Pembinaan Metadata Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten BAnjarnegara

Sosialisasi Dan Pembinaan Metadata Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten BAnjarnegara

28 Juli 2021 | Kegiatan Statistik


Banjarnegara - Sosialisasi metadata kali ini dilaksanakan secara virtual karena bersamaan dengan berlakunya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid 19. Sosialisasi metadata perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) dan memberikan pencerahan kepada pihak yang terkait yaitu walidata dan penghasil data.
Acara sosialisasi metadata difasilitasi oleh Dinkominfo Kabupaten Banjarnegara dengan pemateri adalah BPS Kabupaten Banjarnegara yang diikuti oleh walidata dan penghasil data. 

Sosialisasi dan pembinaan metadata mempunyai target dalam pembentukan metadata statistik adalah memberikan pemahaman pentingnya metadata statistik bagi produsen data, walidata, Pembina data, dan konsumen data. Target berikutnya adalah produsen data dan walidata memiliki pemahaman dan penguasaan pembentukan metadata secara benar. Sedangkan target yang ketiga adalah produsen data mampu menyajikan metadata statistik secara baik.


Karena SDI merupakan kebijakan tata kelola Data Pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.
Dalam mewujudkan SDI tersebut, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah metadata, yaitu informasi mengenai data atau data tentang data. Metadata Statistik merupakan informasi yang menggambarkan tentang data
statistik yang dapat memberikan gambaran yang detil seperti terminologi, dan definisi, klasifikasi, lokasi data statistik, metodologi, dan publikasinya.

Metadata Statistik terbagi dalam 3 metadata, yaitu metadata kegiatan statistik, metadata variabel statitisk dan metadata indikator statistik.
Metadata kegiatan statistik merupakan sekumpulan atribut informasi yang memberikan gambaran/dokumentasi dari penyelenggaraan kegiatan statistik dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas kegiatan statistik berdasarkan tahap-tahap pelaksanaan, metode yang digunakan, dan lain-lain.
Metadata variabel statitisk merupakan suatu metadata yang dikumpulkan dalam kaitannya dengan informasi yang melekat pada indikator yang dihasilkan dari suatu kegiatan statistik dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas bagaimana data statistik dikumpulkan. Apakah informasi yang dikumpulkan secara representative terwaliki dengan baik melalui penggunaan variable-variable yang tepat?.
Metadata indikator statistik merupakan suatu metadata yang memberikan penjelasan mengenai variabel yang dikumpulkan suatu kegiatan statistik. Secara sederhana, metadata variabel adalah informasi dari variabel dan mempunyai tujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas bagaimana indikator dihasilkan dan disajikan secara tepat. Apakah indikator yang dibangun menggunakan metode penghitungan dan pemilihan variabel yang tepat?.

Data dan Metadata dibentuk dan disimpan dalam suatu repository untuk kemudian dipanggil untuk disajikan kepada konsumen ketika data diakses.
Pengguna secara otomatis mendapatkan informasi tentang bagaimana data-data statistik dibentuk bersandingan dengan data-data yang dicari tanpa harus mencari-cari pada media terpisah.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara (Statistics of Banjarnegara Regency)Jl. Selamanik 33 Banjarnegara 53415 Provinsi Jawa Tengah

Telp (62-286) 591893

Faks (62-286) 592816

Mailbox : bps3304@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik